Jumat, 26 September 2008

Sidney Sheldon


Sidney Sheldon adalah penulis buku Melaikat Keadilan, Lewat Tengah Malam, Bila Esok Tiba, A Stranger in the Mirror, Bloodline, dan Master of the Game. Semuanya menjadi bestseller. Bukunya yang pertama dan lain daripada yang lain, Wajah Sang Pembunuh, oleh New York Times dipilih sebagai “kisah misteri paling baik tahun ini".
Semua novel Sheldon sukses difilmkan atau ditayangkan sebagai mini-seri di televise. Bahkan sebelum menjadi novelis, Sidney Sheldon telah memenangkan Tony Award untuk Redhead yang di pentaskan di Brodway, dan Academy Award untuk The Bachelor and the Bobby Soxer.
Beliau telah menulis skenario untuk dua puluh tiga film, diantaranya Esster Parade (dengan pemain utama Judy Garland) dan Annie Get Your Gun. Kecuali itu beliau juga menulis enam karya lain yang sukses di Broadway dan menciptakan empat film seri televisi yang masa putarnya bertahan lama, antara lain Hart to Hart dan I Dream of Jeannie. Kedua film seri tersebut diproduksikan dan disutradarai beliau sendiri. Sidney Sheldon tinggal di Southern California dan mengaku sebagai penulis yang penuh pemikiran aneh. "Saya tak dapat menahan hasrat saya," katanya, "Saya sangat suka menulis."